Minggu, 19 November 2017

Datum - Mengambil Alih Kuasa atas Data Kita


Kita hidup dijaman, dimana segalanya telah menggunakan teknologi. Di klaim, bahwa semuanya lebih efektif dan efisien. Bank, sosial media, sekolah, kuliah, kerja, badan kesehatan dan masih banyak lagi. Browsing di internet, berinteraksi di sosial media, mengunggah data personal, mensinkronisasi perangkat dan online shopping. Segalanya lebih mudah diakses dan dikirim. Namun, taukah kita bahwa semua data yang kita berikan pada perusahaan-perusahaan tersebut memiliki nilai? Dan sadarkah kita bahwa peluang data kita dicuri juga semakin besar?
Berikut penjelasan Roger Haenni, CEO dan Co-Founder Datum.org, tentang betapa pentingnya data kita dan mengapa data kita menjadi komoditas yang dapat dipersalahgunakan:
Beberapa perusahaan besar, memasang farewall atau semacam perlindungan untuk data klien mereka. Namun, jika farewall tersebut berhasil ditembus oleh hackers, maka seluruh data klien mereka akan dapat diakses oleh hackers, seperti password, alamat, nomor seluler, email, dan lainnya.

Topik selanjutnya, setiap data yang kita kirimkan pada setiap platform website dan sosial, sebenarnya dapat memberikan nilai uang pada perusahaan tersebut. Semakin banyak data yang kita masukkan, semakin banyak uang yang mereka dapatkan. Selama ini anda merasa anda menggunakan produk sosial media dengan cuma-cuma? Sebenarnya tidak. Karena, data anda sendirilah produk itu sendiri. Setiap pengguna Facebook, Google, Yahoo, Twitter dan jaringan sosial lainnya, memberikan sekitar Rp 20.000.000, kepada perusahaan-perusahaan tersebut secara langsung dengan datanya. Semakin banyak data yang kita berikan, maka semakin banyak pula uang yang mereka dapatkan.



Bagaimana jika kita ingin mengolah data kita sendiri? Mengatur data apa saja yang akan kita berikan, dan mendapatkan reward dari nya? Dengan Datum.org, kita dapat memutuskan apa yang akan kita lakukan dengan data kita. Jaringan Datum dapat menyediakan pemasukan dasar bagi data kita.  Jaringan Datum akan membiarkan kita untuk menyimpan data secata terstruktur dan aman, serta terdesentralisasi dalam sebuah kontrak blockchain. Setiap data tersebut akan dibayar dengan token DAT. Kita akan mendapatkan aman dan pemasukan. Tujuan jaringan Datum adalah menjadikan pemilik data untuk tetap menjadi penguasa dan mendapatkan keuntungan yang serupa dengan platform-platform yang menggunakan data mereka.

Keamanan Pribadi
Setiap data yang masuk ke dalam jaringan Datum, akan ditandai menggunakan suatu pola ketika dienkripsi. Dengan cara yang demikian, pengguna dapat mengontrol apakah data mereka dapat dibagian atau digunakan oleh pihak lain. Kontrol yang pengguna miliki dengan jaringan Datum adalah:
1. Data tidak dapat dibagikan.
2. Data dapat dibagikan dengan spesifik, diidentifikasi, dan diketahui oleh pengguna.
3. Data dapat dibagikan dengan spesifik, diidentifikasi, dan diketahui oleh pengguna, dengan minimum pembayaran.
4. Data dapat dibagikan dengan semua orang. 
5. Data dapat dibagikan dengan semua orang dengan minimum pembayaran.

Pengguna Datum
Datum dapat diakses dengan mobile website atau desktop. Datum juga support untuk perangkat IoT, seperti mobil listrik dan sebagainya. Dan tentu saja Datum tersedia dalam aplikasi iOS dan Android.

Datum - Jaringan Data
Datum menganggap data sebagai suatu nilai, dimana Datu memastikan ketersediannya, keterbukaan, dan apakah data dapat dicari, serta memastikan setiap data berhak mendapat reward. Semua data dienkripsi dan dilindungi menggunakan AES256-GCM dengan kunci berukuran 256-bit untuk setiap data berukuran 128-bit.

Spesifikasi Pengguna
Beberapa permasalahan yang dapat diatasi dengan jaringan Datum:
1. Keamanan: Data dienkripsi pada sumber.
2. Kerusakan: Data kekal.
3. Nilai: Data dapat dihasilkan menjadi uang.
4. Penyimpanan: Penyimpanan data didesentralisasi.
5. Keamanan pribadi: Data disimpan secara anonim.
6. Kontrol: Pengguna selalu memiliki kontrol atas kehidupan data, rincian data, dan kegunaan data di waktu mendatang.

Pengguna Data
Pengguna data akan diperbolehkan untuk mengakses data. Namun, deminikan kredibilitas pengguna data akan selalu diperhatian. Pengguna data diharuskan untuk diberi insentif agar dapat menggunakan data secara bertanggung jawab. Pengguna data dapat memilih antara lain: identitas, kegunaan data, masa hidup data dan rating dari jaringan Datum.

Insentif Jaringan Data
Pemberian insentif akan berbeda tergantung dengan posisi dan kegiatan yang dilakukan, seperti:
1. Pengguna: kontrol penggunaan data, keamanan dan ketersediaan penyimpanan data, monetisasi data.
2. Pengguna data: akses langsung pada data yang sudah divalidasi dan terverifikasi.
3. Pembengkakan penyimpanan: reward untuk hosting data dan menyediakan perhitungan kekuatan.

Validasi Data
Pada awalnya, jaringan Datum akan bergantung pada pembeli untuk memvalidasi data dan meregulasi data palsu. Namun, mekanisme validasi data dapat diimplementasikan langsung dan Datum juga merencanakan untuk mengimplementasikan sistem ranking untuk semua pengguna (termasuk pemilik data dan pembeli data, sekaligus operator untuk pembengkakan penyimpanan).

Penggunaan
Berikut beberapa penggunaan dan apa yang terjadi dalam penggunaan jaringan Datum:
1. Pengguna mengunggah data pada jaringan Datum menggunan client software. Pengguna data membayar untuk mendapatkan data. Setelah data dienkripsi, hanya pengguna yang dapat menyediakan kunci pada semua pengguna data yang tertarik.
2. Operator penyimpanan akan menerika data dan menyimpan data. Data akan direplikasi pada beberapa penyimpanan.
3. Pengguna data akan menyatakan ketertarikan untuk membeli data.
4. Pengguna menerima permintaan data dengan rincian seperti pembeli dan tawaran harga. Pengguna dapat menyetujui atau menawarkan modifikasi persetujuan.
5. Jika pengguna meremima permintaan data, pengguna akan menerima token DAT dan kunci akan dikirimkan kepada pengguna data yang telah membayar dengan token DAT.



Token DAT
DAT adalah suatu alat token yang dapat digunakan untuk pertukaran dalam jaringan Datum, seperti partisipasi dalam pemasaran data dan pendaftaran sebagai operator penyimpanan. Token yang telah digunakan akan dihancurkan, karena ketersedianan token DAT telah tetap saat diciptakan. Semakin banyak transaksi, ketersediaan token DAT akan menurun. Sekarang penjualan token DAT sudah dapat diakses. Dengan penjualan token DAT, akan memberikan pertumbuhan dan perkembangan bagi jaringan Network dan menyediakan jaringan yang efisien, transparan, dan aman.

Rincian Token DAT
1. Kegunaan : Untuk pertukaran data antara pemilik data dan pembeli data.
2. Simbol : DAT.
3. Ketersediaan : 3.000.000.000
4. Untuk dijual : 1.530.000.000
5. Harga : 25.000 DAT per 1 ETH
6. Penjualan : 29 Oktober 2017 hingga 29 November 2017.
7. Distribusi token : 4 Desember hingga 11 Desember 2017.

Datum Foundation
Pada awalnya, jaringan Datum ditangani oleh Datum Network GmbH, sebuah perusahaan di Swiss. Setelah perjalanan yang panjang, Datum berencana untuk bermigrasi ke DAO, sebuah non-profit foundation Swiss, yang dapat secara langsung mengontrol jaringan.

Kesimpulan
Datum akan mengubah pola pikir masyarakat tentang data. Kita dapat menguasai data kita masing-masing, dengan cara yang aman dan pertukaran data yang aman dan dapat memonetisasi data kita. Sebuah model ekonomi yang baru akan tercipta.

Jika ingin bergabung dengan Datum, silahkan cek website mereka di Datum.org, atau beberapa platform sosial mereka di twitter, telegram, facebook, atau silahkan unduh penjelasan mereka lebih rinci disini whitepaper.

Bitcointalk username : NPG331525.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar